Back to Top

Tuesday, February 23, 2016

Membuat ListView sederhana Android Studio

6:23 AM Posted by F , No comments
Pada post saya kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat ListView dengan Android Studio.

Tampilannya seperti gambar dibawah ini.


Dalam metode saya kali ini, saya akan menggunakan Array.

Pertama kita tambahkan ListView pada layoutnya. Seperti dibawah ini.


Saya menambahkan ListView dengan id list.

Kemudian, kita deklarasikan variable-variablenya terlebih dahulu.

private ListView listnya;private String[] isilistnya = new String[] { "Isi list", "Isi list" ,  "Isi list", "Isi list" };
Disini terdapat listnya adalah ListView yang akan kita buat. Kemudian String Isilistnya.


Kemudian kita tambahkan code javanya.


listnya = (ListView) findViewById(R.id.list);ArrayAdapter<String> adapter = new ArrayAdapter<String>(NewActivity.this,     android.R.layout.simple_list_item_1,     android.R.id.text1 , isilistnya);listnya.setAdapter(adapter);
Disini saya membuat ArrayAdapter yang berisi isilistnya ke dalam list.
Metode outputnya simple_list_item_1.

(Tambahan) Apabila kita ingin menambahkan OnClick ketika list di klik.


listnya.setOnItemClickListener(new AdapterView.OnItemClickListener() {    @Override    public void onItemClick(AdapterView<?> parent, View view, int position, long id) {         Toast.makeText(NewActivity.this, "You have chosen " + isilistnya[position] + ".", Toast.LENGTH_SHORT).show();         }    });
Sebenarnya tidak harus menampilkan Toast, bisa juga kita tambahkan statement if, bila position sama dengan sekian, maka akan muncul pilihan tertentu.



Kita telah berhasil membuat ListView.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Salam,

FEN.

0 comments:

Post a Comment