Back to Top

Friday, February 19, 2016

Resource Directory di Android Studio

6:19 AM Posted by F , 1 comment
Ada beberapa macam jenis direktori resource di Android Studio.

Pada Android Studio project, ada direktori res (resource) seperti ini.


Untuk menambahkan folder baru, klik kanan pada res, New lalu Android resource directory.


Lalu akan muncul seperti ini.


Keterangan dari Resource type :

anim/
file XML yang dikompilasi menjadi objek animasi.

color/
file XML yang menggambarkan warna.

drawable/
file bitmap (PNG, JPEG, atau GIF), file 9-Patch image, dan file XML yang menggambarkan bentuk Drawable atau benda Drawable yang berisi beberapa negara (normal, pressed, atau focused).

mipmap/
ikon peluncur aplikasi (app launcher icons). Sistem Android akan mempertahankan sumber daya dalam folder ini (density-specific folders seperti mipmap-xxxhdpi) terlepas dari resolusi layar perangkat di mana aplikasi diinstal.

layout/
file XML yang dikompilasi ke dalam layout layar (bagian dari layar).

menu/
file XML yang mendefinisikan menu aplikasi.

raw/
file asset,  pada dasarnya sama dengan menyimpannya dalam direktori assets. Satu-satunya perbedaan adalah bagaimana cara mengaksesnya. File-file ini diproses dari aplikasi menggunakan resource identifier dalam class R. Misalnya, untuk media, seperti MP3 atau file Ogg.

values/
file XML yang mendefinisikan sumber daya dengan jenis elemen XML. Tidak seperti sumber daya lainnya di res/ direktori, sumber ditulis ke file XML dalam folder ini tidak direferensikan oleh nama file. Sebaliknya, jenis elemen XML mengontrol bagaimana sumber daya didefinisikan dalam file XML ditempatkan ke dalam class R.

xml/
file XML yang berisi konfigurasi komponen aplikasi. Seperti sebuah file XML yang mendefinisikan PreferenceScreen, AppWidgetProviderInfo, atau Searchability Metadata.

Referensi : disini


Semoga bermanfaat.

Terima kasih.
Salam,

FEN.

1 comment: